Cek Info Wisata Sukamade Banyuwangi (Konservasi Penyu)

Sukamade dikenal dengan sebutan Turtle Beach. Tentu saja adalah satu wisata populer di Banyuwangi Jawa Timur. Tertarik mau liburan kesana ?

Kamu harus cek dulu info dari MitaTRAVEL. Atau mungkin paling tidak bisa sebagai tour guide untuk kamu wisata ke Sukamade. Misalnya lokasi, cara kesana, transportasi, akomodasi dan aktivitas disana. Bahkan seperti konservasi penyu bertelur dan hal lain.

Pengen tour kesana ? Tentu saja kamu juga bisa memilih pilihan paket wisata dari MitaTRAVEL.

Kamu bisa mengikuti kegiatan pelepasan tukik anak penyu ke laut, melihat penetasan telur. Tentu saja dengan Paket tour wisata Banyuwangi dari kami.

Geser menu ini untuk navigasi lebih cepat.

Tentang Sukamade Banyuwangi

Sukamade adalah tempat konservasi penyu terbesar di Indonesia. Bahkan tempat ini adalah pusat penyu bertelur. Oleh karena itu destinasi ini sangat cocok sebagai wisata edukasi saat kamu ke Banyuwangi.

Bahkan sudah sangat terkenal bahwa Sukamade melindungi hewan langka yaitu penyu. Lebih dari 80 ekor penyu mendarat di pantai ini. Terutama dari Samudera Hindia dan Pasifik. Dan yang paling sering terlihat adalah Penyu Hijau.

Selain itu, ada 3 spesies lain dari penyu yang ada disana. Misalnya Penyu Belimbing, Penyu Slengkrah dan Penyu Sisik.

Namun saat ini hanya sekitar belasan penyu saja yang ada. Tentu saja hal ini karena cahaya berlebih dari kapal nelayan. Karena diketahui penyu sangat takut dengan cahaya. Oleh karena itu, saat ini penggunaan cahaya sangat diminimalkan. Bahkan cahaya di Sukamade dibuat sealami mungkin, yaitu terkesan gelap gulita.

Saat ini Paket Wisata Sukamade Banyuwangi sangat diminati. Tidak hanya dari wisatawan lokal, bahkan asing. Dengan perjalanan yang seru melewati sungai Sarongan. Cara ini biasa dikenal dengan sebutan Paket Adventure. Sukamade Tour sangat familiar di kalangan turis asing.

Pantai Sukamade Banyuwangi

Pantai Sukamade Banyuwangi ada di sisi selatan Banyuwangi. Bahkan masih ada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Tepatnya di Desa Sukomade, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Disana kita bisa menyaksikan langsung spesies penyu. Tempat ini merupakan bagian dari Triangle Diamond of Banyuwangi. Tentu saja selain Pantai Plengkung dan Kawah Gunung Ijen.

Wisata alam Pantai Sukomade ini punya banyak spesies penyu. Diantaranya adalah Penyu Sisik, Penyu Hijau, Penyu Belimbing, dan Penyu Slengkrah.

Obyek wisata Pantai Sukamade Meru Betiri ini berjarak 90 kilometer dari Kota Banyuwangi. Yang menjadi daya tarik adalah Penyu Sukamade. Dari Banyuwangi Kota lebih baik menggunakan jeep untuk kesana.

Banyak flora dan fauna di sekitar obyek wisata Pantai Sukamade Meru Betiri National Park. Selain menyaksikan langsung penyu bertelur di Banyuwangi. Bahkan bisa mengikuti kegiatan pelepasan tukik.

Peta & Lokasi Wisata

Lokasi Sukamade Beach terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Tepatnya di Desa Sukamade, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Jarak Pantai dengan Sukamade Turtle Beach masih sekitar 5 kilometer.

Akses & Rute

Banyak cara untuk ke Sukamade Banyuwangi. Namun cara yang paling seru yang sering digunakan adalah dengan Tropper. Tropper adalah mobil double gardan 4WD, sejenis mobil Jeep.

Faktanya perjalanan akan menyusuri Sungai Sarongan. Bukan di tepi sungai lagi, tapi langsung di aliran sungai itu sendiri. Dimulai dari meeting point di Kota Jajag, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi. Selanjutnya kita bisa menyewa jeep atau tropper. Namun kamu bisa menyewa melalui MitaTRAVEL untuk kemudahan perjalanan ke Sukomade.

Atau kamu bisa langsung memesan Paket tour ke Sukamade dari MitaTRAVEL. Tentu saja dalam paket tour ini sudah termasuk semua yang diperlukan. Misalnya transportasi jeep atau tropper yang antar ke Sukomade. Penginapan atau Homestay di Sukamade, tiket edukasi penyu bertelur sampai konsumsi.

Atau ada cara lain yang mungkin kurang kami sarankan. Yaitu dengan ojek dari Pantai Rajegwesi ke Desa Sukomade. Jadi tidak perlu lewat Pantai Rajegwesi lagi.

Aktivitas Wisata di Sukamade

Banyak aktivitas wisata yang bisa kita lakukan disana. Misalnya bermain di tepi pantai, lepas tukik, pengamatan satwa dan berkemah.

Kita bisa bermain di tepi pantai yang eksotis. Tentu saja pada sore hari nuansanya sangat hangat. Bahkan sangat cocok juga untuk pasangan yang ingin bulan madu.

Selanjutnya di tengah malam, kita bisa menyaksikan secara langsung penyu yang bertelur di tepi pantai. Kenapa harus tengah malam? Seperti yang kami jelaskan tadi, penyu takut akan cahaya. Jadi tengah malam adalah waktu yang tepat untuk melakukan konservasi.

Di Pagi hari, kita bisa memulai aktivitas pelepasan tukik ke Pantai Sukomade.

Selain itu, kita juga bisa berkemah di range pantai yang tersedia. Tentu saja harus ada ijin oleh pengelola tempat wisata setempat.

Perjalanan melewati sungai juga bisa menjadi aktivitas yang sangat menarik. Bahkan yang kami sertakan dalam trip Banyuwangi dari kami.

Paket Wisata ke Sukamade Banyuwangi

Tentu saja kamu bisa ke Sukamade dengan Paket Wisata Banyuwangi dari kami. Kami menawarkan Paket Wisata ke Sukamade mulai 1 hari sampai 4 hari 3 malam. Tentu saja kamu bisa memilih custom trip atau Private Trip ke Banyuwangi.

Harga paket wisata di MitaTRAVEL cukup murah dan terjangkau. Lengkap dengan fasilitas pendukung lainnya. Misalnya transportasi, akomodasi hotel, konsumsi, dan lainnya. Termasuk pengamatan flora dan fauna.

Dengan trip Banyuwangi, kita bisa menyaksikan secara langsung penyu bertelur di Banyuwangi. Tentu saja di dalam kawasan Meru Betiri National Park. Harga sudah termasuk sewa jeep dan konservasi penyu yang bertelur.

Nikmati liburan ke Triangle Diamond of Banyuwangi dengan Paket Wisata Sukamade Banyuwangi. Untuk meeting point bisa di Banyuwangi Kota atau Jajag.