6 Hal Menyenangkan di Pulau Merah Banyuwangi

Pulau Merah atau Pulo Merah dan biasa dikenal dengan sebutan Red Island merupakan salah satu objek wisata populer di Banyuwangi, tepatnya berada di daerah Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Banyak diminati oleh wisatawan dikarenakan terdapat bukit kecil berwarna hijau yang bertanah merah yang berada di dekat bibir pantai dan dapat dikunjungi dengan berjalan kaki disaat air laut surut. Di Pulau Merah juga terdapat pura yang biasa digunakan umat beragama Hindu disana untuk melaksanakan upacara Mekiyis.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Suasana Sunset di Pulau Merah (Red Island)

Bukit kecil yang menjulang tinggi kurang lebih 200 meter tersebut mempunyai tanah yang berwarna merah dan ditutupi oleh vegetasi yang berwarna hijau sehingga tidak tampak terlihat jelas warna merah pada tekstur tanahnya. Namun bagi Anda pecinta wisata laut yang ingin menuju ke bukit tersebut dapat dilakukan dengan berjalan kaki pada saat air laut surut.

Pantai Pulau Merah atau Pulo Merah dan biasa dikenal dengan sebutan Red Island tersebut memiliki pasir yang putih yang aman untuk keluarga namun memiliki ombak yang tinggi sehingga tidak sesuai jika digunakan untuk berenang terutama untuk anak - anak kecil.

Ombak di Pulau merah cukup menantang sehingga sangat ideal untuk digunakan berselancar (surfing) untuk para pecinta olah raga air yang satu ini. Bagaimana tidak? Ombak di pantai ini mempunyai tinggi rata-rata berkisar antara 3 sampai 5 meter sehingga sangat cocok digunakan untuk olahraga selancar (surfing) bagi peselancar pemula, amatir dan profesional.

Kamu bisa cek info lengkap tentang Pantai Pulau Merah Banyuwangi.

Rute Menuju Pulau Merah

Pulau Merah berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Dari pusat kota Banyuwangi Anda harus menuju ke arah Srono kemudian menuju Kesilir dan diteruskan hingga ke Pulau Merah. Meskipun akan banyak melalui jalan desa dan banyak berkelak-kelok, perjalanan menuju Pantai ini cukup mudah dikarenakan pantai ini sudah terkenal sehingga Anda akan menemui banyak papan penunjuk jalan ke arah Pantai pulau merah. Jika Anda tidak dapat menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga dapat menggunakan kendaraan umum dari Terminal Banyuwangi. Dari Terminal Anda bisa naik bis jurusan Pesanggaran. Jika sudah sampai Pesanggaran Anda dapat menggunakan jasa ojek karena sudah tidak terlalu jauh. Apabila Anda menggunakan kendaraan umum dari arah Jember, turunlah di Terminal Jajag untuk ganti bis menuju Pesanggaran.

Aktifitas Wisata yang Dapat Dinikmati di Pantai Pulau Merah

Berikut ini adalah hal - hal atau aktifitas yang bisa anda lakukan di destinasi wisata Pulau Merah :

1. Snorkeling

Meskipun tidak seperti karimun Jawa atau Pantai snorkeling lainnya, Pantai ini masih menyuguhkan wisata bawah laut yang cukup indah. Untuk merasakan pengalaman snorkeling di Pantai pulau merah ini Anda harus menyewa peralatan snorkeling dengan harga yang tidak terlalau mahal. Anda dapat melihat kehidupan bawah laut seperti terumbu karang dan ikan laut pada kedalaan yang dangkal.

2. Pemandangan Pantai

Pantai pulau merah ini terhampar sepanjang 3 km, tentu saja Anda tidak akan bosan mengelilingi Pantai ini karena tidak cukup waktu sebentar untuk melakukannya. Selain itu jika Anda ingin bersantai menikmati pemandangan hamparan laut luas Anda dapat menyewa kursi Pantai dengan harga Rp. 25.000 untuk waktu sewa selama 60 menit.

3. Berselancar

Selain Pantai plengkung ternyata Pantai Pulau Merah ini merupakan destinasi para peselancar saat berada di Kabupaten Banyuwangi. Pantai Pulau Merah ini bahkan pernah dijadikan tuan rumah kompetisi selancar internasional. Meskipun ombaknya tidak setinggi pulau Plengkung yang dapat mencapai 6 meter, ombak yang rata-rata setinggi 2-4 meter di Pantai ini dapat menjadi solusi bagi para wisatawan yang baru mencoba atau ingin belajar surfing karena ombaknya lebih bersahabat. Bagi Anda yang tidak memiliki papan selancar sendiri, jangan khawatir karena banyak masyarakat sekitar yang membuka jasa penyewaan selancar dengan harga sekitar Rp. 50.000.

4. Berkeliling di bukit pasir merah

Untuk dapat mencapai bukit ini, Anda harus menunggu air laut surut agar terbentuk daratan sebagai jalan menuju bukit. Waktu paling tepat untuk mengunjungi bukit adalah saat sore hari sekitar mulai jam 3 karena pada saat itu air laut mulai surut. Dari atas bukit Anda dapat melihat hamparan laut biru secara lebih jelas dan Anda juga dapat menyaksikan indahnya cahaya langit senja bertemu dengan pantulan matahari terbenam di permukaan laut. Dalam perjalanan dari Pantai ke bukit Anda dapat menemukan berbagai biota laut yang tertinggal air laut yang surut. Sangat disarankan untuk memakai alas kakai untuk menghindari menginjak kerang-kerang kecil dengan cangkang yang tajam yang dapat melukai kaki Anda.

5. Mengunjungi Pura

Dekat Pantai pulau merah ini terdapat sebuah pura yang sering digunakan untuk upacara keagamaan umat Hindu daerah ini. Orang-orang sekitar menamakan pura tersebut Pura Tawang Alun. Pura tersebut ternyata sudah dibangun sejak tahun 1980-an.

6. Wisata Kuliner

Ketika Anda memasuki kawasan Pantai pulau Merah Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan karena di Pantai ini Anda dapat menemukan berbagai macam makanan khas Banyuwangi, mulai dari rujak soto, rujak bakso, rawon, dan berbagai sajian khas lainnya.

Paket Wisata ke Pulau Merah Banyuwangi

MitaTRAVEL mengajak anda untuk berkunjung ke pulau merah dengan berbagai pilihan paket wisata banyuwangi. Kami mengemasnya dalam satu paket supaya anda lebih mudah untuk berkunjung ke pulau merah. MitaTRAVEL akan mengajak anda mengunjungi berbagai destinasi wisata di Banyuwangi salah satunya Pulau Merah. Berikut pilihan paket wisata Banyuwangi untuk berkunjung ke pulau merah:

Paket Wisata Banyuwangi 4 Hari 3 Malam

Paket wisata ke pulau merah dalam paket wisata banyuwangi 4 hari 3 malam terdapat pada 2 paket

Paket Wisata Banyuwangi 3 Hari 2 Malam

Paket wisata ke pulau merah dalam paket wisata banyuwangi 3 hari 2 malam terdapat pada paket berikut

Paket Wisata Banyuwangi 2 Hari 1 Malam

Paket wisata ke pulau merah dalam paket wisata banyuwangi 2 hari 1 malam terdapat pada paket berikut

Paket Wisata Banyuwangi 1 Hari 1 Malam

Paket wisata ke pulau merah dalam paket wisata banyuwangi 1 hari 1 malam terdapat pada paket berikut

Tempat Wisata Banyuwangi Lainnya