Nikmati Sunset di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Ayo Liburan dan Nikmati Keindahan Sunset di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

    Kalau kamu menganggap hanya Panai Plengkung yang terkenal sebagai satu-satunya pilihan untuk berselancar di Banyuwangi, salah besar, travelers. Cobain deh ke Pantai Pulau Merah, maka kamu bakal menemukan sensasi berbeda berselancar di sini. Mungkin masih banyak yang belum tahu tentang Pantai Pulau Merah ini. Pantai yang dulunya bernama Ringin Pitu ini ada di Banyuwangi, tepatnya di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

    Di Jawa Timur, pantai ini memang lagi naik daun. Gak seperti Pantai Plengkung yang memang sudah kesohor di kalangan surfer, Pantai yang diklaim sebagai Kuta-nya Banyuwangi ini terkenal dengan ombaknya yang bersahabat untuk para peselancar alias surfer. Maka wajar, Pantai Pulau Merah jadi favorit destinasi bukan cuma para surfer profesional, tapi juga yang surfer pemula alias yang masih belajar.

    Selain berselancar, kamu juga bisa menikmati indahnya sunset saat sore hari di Pantai Pulau Merah ini. Pemandangan yang indah dibalut dengan senja memerah dan hamparan pasir yang memantulkan cahaya langitnya akan membuat kamu merasa nyaman untuk travelling ke Pantai Pulau Merah

    Seperti kebanyakan pantai pada umumnya, Pulau Merah juga menjadi spot menarik untuk menyaksikan sunset. Duduk-duduk dengan beralaskan pasir yang lembut sambil menanti sang surya tenggelan menjadi pengalaman tak terlupakan. Langit yang berwarna jingga kemerehan serta bukit nan hijau yang mengelilingi pantai membuat suasana kian eksotis. Makanya, banyak yang membandingkan pantai ini dengan pantai-pantai yang lebih kesohor di Bali.

    Buat kamu yang ingin menjajal sensasi berselancar, sowan ke pantai Merah ini bisa menjadi alternatif. Di sini kamu bisa menyewa alat selancar dengan variasi harga berkisar antara Rp 25.000 dan Rp 50.000, jadi kamu gak perlu repot-repot membawa perlengkapan dari rumah. Ombak yang jadi surganya peselancar bukan satu-satunya daya tarik pelancong untuk mengunjungi Pulau Merah. Sebuah bukit setinggi 200 meter tak jauh dari bibir pantai berhasil menjadi pusat atensi pengunjung.

    Selancar di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

    Sejarah

    Pada tahun 1990-an, kawasan Pulau Merah pernah rusak parah akibat diterjang bencana tsunami.

    Pemerintah Kabupaten Banyuwangi di bawah kepemimpinan Bupati Abdullah Azwar Anas memberikan perhatian penuh terhadap pengembangan kawasan wisata ini, salah satunya dengan memperbaiki akses jalan menuju lokasi. Pada akhir 2012 lalu, Pemkab Banyuwangi telah memperkenalkan Pantai Pulau Merah ke dunia internasional melalui penyelenggaraan ajang lomba balap sepeda "Banyuwangi Tour de Ijen". Sebelum adanya "Tour de Ijen", akses jalan menuju Pantai Pulau Merah lumayan berat, berupa jalan berbatu yang melintasi kawasan perkebunan karet dan cokelat milik PTPN XII.

    Keunikan Wisata

    Nama Pulo Merah merujuk pada sebuah bukit kecil di tepi pantai yang memiliki tinggi sekitar 200 meter. Bukit tersebut memiliki tanah berwarna merah dan ditutupi oleh vegetasi hijau sehingga tidak terlalu tampak warna aslinya. Bukit ini bisa diakses pada saat air sedang surut.

    Wisata Pantai

    Pantai Pulo Merah berpasir putih terbentang sepanjang tiga kilometer[1][2] sehingga juga sesuai untuk keluarga. Namun, ombak Pulo Merah yang cukup tinggi tidak terlalu sesuai untuk digunakan berenang, terutama bagi anak kecil.

    Selancar

    Ombak di kawasan Pulo Merah cukup menantang dan menjadi salah satu tempat ideal untuk penggemar olahraga selancar. Ombak di pantai ini tergolong cukup tinggi berkisar 3-5 meter dan cocok untuk pecinta olahraga selancar (surfing). Menurut penuturan warga setempat, turis-turis asal Prancis, Jerman, dan Australia sering berkunjung ke tempat ini.

    President INSA atau Asosiasi Selancar Indonesia, Jro Made Supatra Karang, mengatakan bahwa pemandangan dan ombak di kawasan wisata Pulau Merah merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.

    Manurut Jro Made, kelebihan Pulo Merah dibandingkan Pantai Plengkung antara lain pada ombaknya yang bisa menjadi tujuan peselancar pemula, amatir, dan profesional dengan ketingian rata-rata dua meter. Berbeda dengan Pantai Plengkung atau G-Land yang hanya bisa dinikmati oleh peselancar profesional. Selain itu, Pulo Merah juga lebih mudah diakses dengan kondisi jalan yang mulus serta dekat dengan permukiman penduduk. Dasar pantai yang tidak memiliki banyak karang juga lebih aman untuk para peselancar. Dibandingkan ombak Pantai Kuta, ombak Pulo Merah lebih serius sehingga memungkinan para peselancar untuk melakukan manuver di dalamnya.

    Pantai Pulau Merah Banyuwangi

    Mitos Pulau Merah

    Banyak yang bertanya-tanya mengapa pantai ini disebut Pulau Merah. Ada dua versi nih, yang menjadi asal-usul nama Pulau Merah tersebut. Versi pertama, disebut Pantai Pulau Merah karena warna tanah dan pasir di sekitar pantai ini memang kemerahan.

    Versi kedua menyebutkan, dulunya sesuatu yang berada di hadapan pantai hingga jarak 100 meter terpancar cahaya merah. Jadilah warga sekitar menamainya Pulau Merah.

    Kisah mistis juga turut menghiasi keberadaan Pulau Merah. Banyak yang yakin terdapat kandungan emas di pantai ini. Gak cuma itu, warga lokal juga meyakini ada paku bumi yang bisa ditemukan dalam gunung di seberang pantai. Bagi kamu yang sudah pernah mengunjungi Pulau Merah, pasti pernah melihat adanya sebuah goa di sekitar pantai. Nah, banyak yang yakin mereka yang bisa masuk ke dalam goa tersebut akan memperoleh rezeki berlimpah.

    Cara Menuju Pulau Merah

    Nah, buat kamu yang penasaran banget ingin menikmati indahnya pantai dengan garis sepanjang 3 km, cukup mudah kok mencarinya, meski jarak tempuh dari Banyuwangi memang cukup jauh, sekitar 30 km. Tapi jangan khawatir, kecil kemungkinan kamu kesasar karena petunjuk menuju Pulau Merah sangat jelas dan jalan yang dilewati pun relatif mulus.

    Setelah menempuh perjalanan 2,5 jam kamu sudah bisa memanjakan mata dengan keindahan pantai yang dilatarbelakangi pegunungan cantik di sekitarnya.

    Ingin ke Pulau Merah ala backpacker dengan menggunakan angkutan umum? Jangan khawatir, kamu bisa naik bis dari Banyuwangi tujuan Pesanggaran dan sesampainya di sana melanjutkan perjalanan dengan naik ojek. Gampang kan?

    Cara lain mengunjungi pulau merah dengan cara ikut Paket Tour Wisata Liburan Banyuwangi di MitaTRAVEL.id

    MitaTRAVEL.id menawarkan Paket Wisata Banyuwangi dengan spot - spot wisata terbaik di Banyuwangi dengan harga yang cukup hemat. Untuk menjelajah Pantai Pulau Merah dan menikmati keindahan sunsetnya, Kamu bisa menemukan di Paket - Paket Tour kami berikut diantaranya

    Atau mungkin kamu pengen ngerasain rasanya jadi backpacker dengan travelling dari kotamu pergi ke Banyuwangi menggunakan salah satu layanan kami yaitu layanan Travel Antar Kota. Dimana kamu akan dijemput dari alamat penjemputan di kota asalmu dan diantar sampai alamat tujuan kamu di Banyuwangi. Berikut beberapa rute travel kami dari dan ke Banyuwangi :

    Travel ke Banyuwangi

    Travel untuk pergi ke Banyuwangi

    Travel dari Banyuwangi

    Travel untuk pulang Banyuwangi

    Nah, udah tahu lebih banyak tentang Pulau Merah kan? Saatnya kamu buktikan sendiri keindahan maupun mitos mitos di Pulau Merah Banyuwangi dengan dateng langsung ke lokasi, travelers. Segera pesan tiket travel antar kota atau paket wisata banyuwangi di MitaTRAVEL agar perjalananmu tenang, tak dihantui akomodasi maupun transportasi.