5 Aktifitas Menarik di Pantai Rajegwesi Yang Bisa Dilakukan

Pantai Rajegwesi, lokasi dan letak pantai rajegwesi – Lagi tempat wisata menarik yang berada dalam area Taman Nasional Meru Betiri. Memang banyak sekali tempat wisata menarik di area Meru Betiri. Salah satunya adalah Pantai Rajegwesi. Panorama pantai ini memang sangat indah. Pasir pantai berwarna coklat akibat endapan lumpur yang dibawa oleh sungai disekitar muara dipantai ini saat banjir. Dan tentu saja, dikelilingi hutan tropis Taman Nasional Meru Betiri yang masih asri.

Wisata Pantai Rajegwesi menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara, selain tempat wisata lain di area Taman Nasional Meru Betiri seperti Teluk Hijau dan Sukamade. Atraksi wisata budaya jug bisa kita temui disini. Salah satunya adalah wisata agro dan aktivitas masyarakat berupa cara pembuatan gula jawa (nderes) mulai dari pengambilan air kelapa hingga proses pembuatan gulanya. Aktivitas nelayan dan adanya perayaan petik laut bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Biasanya aktifitas di pantai ini meningkat saat Hari Raya Idul Fitri. Selain tempat wisata, pantai ini juga menjadi sentra perdagangan ikan bagi desa-desa di sekitar pantai.

Pantai Rajegwesi Banyuwangi
Pantai Rajegwesi, Banyuwangi

Selain suguhan pemandangan yang menawan, pantai rajegwesi juga menjadi pintu masuk dari destinasi wisata lain yang ada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Dengan menyeberang menggunakan jasa perahu nelayan disekitar pantai rajegwesi, anda akan dapat sampai di destinasi yang diinginkan seperti destinasi teluk hijau, wedi ireng dan destinasi lain sesuai yang masih masuk dalam satu kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Tidak jauh dari pantai Rajegwesi anda dapat mengunjungi desa Sarongan, disana anda dapat menyaksikan aktifitas masyarakat. Masyarakat daerah sarongan ini bermata perncaharian sebagai penderes dan pembuat gula merah. Penderes adalah mereka yang mengambil bahan baku gula merah yang diambil dari pohon kelama yang ditaman di kawasan perkebunan sungai lembu.

Jika anda yang ingin menyaksikan pembuatan gula merah secara tradisional tempat ini menjadi rujukan bagi sebelum anda menuju destinasi selanjutnya. Anda juga bisa berbelanja beberap gula merah sebagai oleh – oleh. Akses untuk menuju tempat ini tidaklah sulit untuk menumpuh perjalan menuju destinasi wisata yang satu ini.bagi anda yang datang baik dari arah jember ataupun banyuwangi anda menuju kota jajag,dilanjutkan ke desa Pesanggaran, sarongan dan sampai di pantai Rajegwesi. Jalanan yang sengaja dibiarkan alami dan tidak beraspal akan anda temui di sepanjang jalan desa sarongan, jalanan berlumbur dan berlubang memberikan kesan petualangan dan advanture. Dari desa ini sepanjang mata memandang akan disuguhkan pemandangan hamparan perkebunan yang sangat luas, mulai dari pohon jati, sengon, perkebunan karet, coklat. Bagi anda yang beruntung anda akan bertemu satwa yang berkeliaran di perkebunan ini seperti kera hitam,burung elang dan satwa lainnya.

Rute Menuju Pantai Rajegwesi

Untuk dapat sampai ke pantai Rajegwesi bisa di tempuh dari berbagai rute. Salah satu rute yang sering digunakan para wisatawan yaitu rute Jember dan Banyuwangi. Sebelum menuju ke lokasi utama anda harus menempuh perjalanan ke kota Jajag terlebih dahulu. Jarak dari kota Jember ke Jajag sekitar 84 Km dan bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 2 jam. Sedangkan dari pusat kota Banyuwangi sendiri berjarak sekitar 65 Km dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam. Setelah anda sampai di Jajag, anda akan melakukan perjalanan menuju lokasi utama yaitu pantai Rejegwesi. Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 2 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 40 Km.

Ketika anda sudah mulai memasuki Desa Sarongan, disarankan untuk lebih berhati – hati. Karena anda akan melewati jalan yang berlubang dan juga berlumpur. Tapi anda tidak perlu khawatir, saat melewati sepanjang jalan ini anda akan disuguhi indahnya pemandangan alam hutan dan perkebunan seperti pohon jati, sengon, kopi, dan lain sebagainya. Setelah selesai melewati hutan perkebunan, seketika pemandangan akan berubah menjadi hamparan pantai yang begitu mempesona. Itulah pantai Rajegwesi Banyuwangi.

Aktifitas Wisata yang Dapat Dinikmati di Pantai Rajegwesi

Selain menikmati pemandangan alamnya yang begitu mempesona. Di pantai ini juga anda bisa melakukan banyak aktivitas lainnya. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan di pantai Rajegwesi Banyuwangi.

1. Berenang & Snorkeling

Tujuan kebanyakan orang mengunjungi pantai selain untuk menghibur diri yaitu untuk berenang atau snorkeling. Tidak semua pantai bisa dijadikan tempat berenang karena setiap pantai memiliki besar ombak yang berbeda – beda. Di pantai Rajegwesi terdapat batuan karang yang cukup tinggi berbentuk menyerupai tembok raksasa. Selain menambah indahnya pemandangan, batu ini juga berguna untuk menghadang besarnya deburan ombak yang datang. Adanya batu tersebut menjadikan ombak yang ada di pantai ini tidak terlalu tinggi dan cukup tenang. Oleh karena itu anda bisa berenang dan juga snorkeling di pantai ini dengan aman dan nyaman. Namun anda juga harus tetap berhati – hati dengan batu - batuan yang ada di sekitar. Struktur batuan ini menyerupai besi dan juga memiliki kandungan besi yang cukup tinggi.

2. Camping / Kemping

Aktivitas camping di pantai merupakan kegiatan yang menyenangkan dan banyak diminati oleh banyak orang. Baik untuk mengisi waktu liburan atau hanya sekedar menikmati sunrise dan sunset di pantai. Terdapat banyak sekali pantai di Banyuwangi yang cocok untuk dijadikan tempat camping, salah satunya adalah pantai Rajegwesi. Pantai ini banyak diburu wisatawan karena memiliki panorama alam yang luar biasa dan juga memiliki spot terbaik untuk menikmati sunrise maupun sunset.

3. Wisata Budaya

Selain terkenal dengan keindahan panorama alam yang eksotis, pantai Rajegwesi Banyuwangi juga terkenal dengan wisata budayanya berupa wisata agro. Tidak jauh dari pantai, anda bisa mengunjungi Desa Sarongan dan menyaksikan aktivitas warga berupa cara pembuatan gula jawa (nderes). Aktivitas ini mulai dari pengambilan air kelapa sampai proses pembuatan gula yang diolah secara tradisional.

4. Penangkaran Penyu

Taman Nasional Metu Betiri juga terkenal dengan penangkaran habitat penyu langka. Sama halnya di pantai sukamade, pantai Rajagwesi juga menjadi bagian dari habitat penyu. Di sini anda melihat berbagai macam penyu langka seperti penyu slengkrah (Lepidochelys olivacea), penyu hijau (Chelonia mydas), penyu belimbing (Dermochelis coriacea), dan penyu sisik (Eretmochelys imbricata). Anda bisa melihat penyu bertelur dan juga melihat tukik atau anak penyu di lepas ke pantai pada waktu – waktu tertentu. Sudah banyak wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara yang datang khusus untuk melihat pelepasan tukik di pantai ini.

5. Menikmati Destinasi Wisata Lain

Di pantai ini anda tidak hanya dapat menikmati indahnya pesona pantai Rajegwesi. Anda juga bisa menikmati keindahan wisata lainnya dari pantai ini, seperti Teluk Hijau, Wedi Ireng,dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk dapat sampai ke Teluk Hijau, anda bisa menaiki perahu untuk dapat sampai kesana hanya dengan membayar Rp 35.000,- untuk pulang pergi. Buat anda yang takut gelombang laut, anda juga bisa memanfaatkan jasa ojek yang ada dengan membayar Rp 10.000,- per orang. Tapi ojek ini hanya akan mengantar sampai pintu masuk dan nantinya anda harus berjalan sekitar 1 km untuk dapat sampai di lokasi Teluk Hijau.

Paket Wisata ke Pantai Rajegwesi Banyuwangi

MitaTRAVEL mengajak anda untuk berkunjung ke Pantai Rajegwesi dengan berbagai pilihan paket wisata banyuwangi. Kami mengemasnya dalam satu paket supaya anda lebih mudah untuk berkunjung ke Pantai Rajegwesi. MitaTRAVEL akan mengajak anda mengunjungi berbagai destinasi wisata di Banyuwangi salah satunya Pantai Rajegwesi. Berikut pilihan paket wisata Banyuwangi untuk berkunjung ke Pantai Rajegwesi:

Paket Wisata Banyuwangi 4 Hari 3 Malam

Paket wisata ke Pantai Rajegwesi dalam paket wisata banyuwangi 4 hari 3 malam terdapat pada 2 paket

Paket Wisata Banyuwangi 3 Hari 2 Malam

Paket wisata ke Pantai Rajegwesi dalam paket wisata banyuwangi 3 hari 2 malam terdapat pada paket berikut

Paket Wisata Banyuwangi 2 Hari 1 Malam

Paket wisata ke Pantai Rajegwesi dalam paket wisata banyuwangi 2 hari 1 malam terdapat pada paket berikut

Paket Wisata Banyuwangi 1 Hari 1 Malam

Paket wisata ke Pantai Rajegwesi dalam paket wisata banyuwangi 1 hari 1 malam terdapat pada paket berikut

Tempat Wisata Banyuwangi Lainnya